Ad Code

Cara Diet Sehat dan Alami yang Wajib Kamu Tahu


Cara Diet Sehat Dan Alami yang Wajib Kamu Tahu


Setiap orang menginginkan tubuh ideal dengan berat badan yang ideal juga tentunya. Bagi sebagaian orang yang memiliki berat badan yang tidak normal atau tidak ideal, biasanya mereka akan melakukan diet. Diet memang merupakan salah satu cara efektif untuk menurunkan berat badan, tetapi ada sebagian orang yang melakukan diet tidak sehat dengan mengonsumsi obat diet berbahan kimia dan tidak menerapkan diet sehat sehingga dapat menimbulkan efek samping seperti sakit. Ternyata ada cara diet alami dan aman untuk dilakukan tanpa ada efek samping. Bagaimana cara diet yang sehat?

Jangan Lakukan Diet Cepat.

Memang kita ingin cepat berat badan turun dan menjadi langsing, tapi perubahan pola makan drastis apalagi sampai tidak makan beresiko terkena gangguan kesehatan. Selain itu, usaha keras yang tidak sehat juga tidak memungkinkan perubahan gaya hidup sehat demi menjaga kestabilan berat badan ideal dalam jangka waktu yang panjang.

Lalu berapa jumlah pengurangan berat badan yang direkomendasikan? Antara setengah sampai dengan satu kilogram seminggu saja, perhitungannya yaitu setengah kilogram lemak = 3.500 kalori sehingga jika kamu ingin menurunkan setengah kilogram berat badan, berarti dalam sehari minimal harus ada 500 kalori yang dibakar.

Penurunan berat badan drastis secara cepat yang tidak menyehatkan menyebabkan beberapa risiko gangguan kesehatan, lagipula penurunan berat badan seperti itu tidak akan bertahan lama dan nantinya juga akan cepat naik kembali. Berikut ini beberapa resiko yang bisa kamu hadapi:



·         Kurang nutrisi

·         Tubuh mudah lelah dan terasa lemas.

·         Jaringan otot rusak karena diet ekstrim yang cepat tidak membakar lemak, melainkan otot tubuh.

·         Berat badan cepat naik lagi.

·         Gangguan tubuh seperti menstruasi tak teratur, rambut rontok, konstipasi, dsb.

·         Bisa terkena penyakit serius semacam dehidrasi, batu empedu, elektrolit dalam tubuh yang tidak seimbang, dsb.



kesalahan dalam melakukan diet

Orang yang tidak paham tentang cara diet sehat dan alami menurunkan berat badan biasanya melakukan beberapa kesalahan di bawah ini:

·         Sengaja melewatkan makanan utama, padahal cara ini akan cenderung membuat kamu mengemil makanan-makanan ringan di sela waktu makan utama.

·         Menyepelekan kandunan makanan ringan, padahal ada beberapa cemilan yang jumlah kalorinya tidak disangka banyak. Jadi jangan lupa memeriksa label nutrisi sebelum ngemil.

·         Mengonsumsi minuman yang mengandung kalori banyak, niatnya memang menghindari makanan berkalori tinggi dan beralih ke minuman manis seperti kopi dengan krim ataupun minuman soda. Padahal minuman-minuman semacam itu jumlah kalorinya tidak kalah dibandingkan dengan makanan yang berusaha kamu hindari.

·         Kurang mengonsumsi air putih karena mengira hal itu justru akan membuat gemuk, padahal air mineral penting untuk meningkatkan metabolisme.

·         Menetapkan target berat badan turun yang tidak realistis, contohnya niat mengurangi berat badan 5 kilogram seminggu. Hal ini malah akan memicumu untuk melakukan segala cara agar berat badan turun termasuk cara diet tak sehat. Akhirnya kamu bisa stress dan makan lebih banyak.



11 Cara Diet Sehat dan Alami Yang Benar

Obesitas atau kelebihan berat badan dipicu oleh banyak hal yaitu faktor pola makan, genetik, dan masih banyak lainnya. Kamu dapat menurunkan berat badan dengan cepat dan alami tanpa ada efek samping sehingga tidak membahayakan bagi kesehatan tubuh, selain itu lebih murah dan ekonomis. Berikut adalah beberapa cara diet alami dan cepat menurunkan berat badan:



1. Menentukan Target

Target-target kecil bisa dimulai sebagai langkah awal untuk penurunan berat badan, contohnya jika kamu suka ngemil gorengan, mulai sekarang niatlah untuk berhenti atau mengurangi camilan gorengan tersebut.



2. Mengonsumsi Banyak Air Putih

Banyak praktisi kesehatan selalu menganjurkan untuk memperbanyak mengonsumsi banyak air putih, yaitu minimal 8 gelas perhari. Memperbanyak mengonsumsi air putih dapat mengurangi resiko dehidrasi, selain itu juga efektif untuk menurunkan berat badan karena lambung akan penuh sehingga kamu akan merasa kenyang meskipun tidak makan. saya sarankan minum air iZaura, untuk pemesanan silahkan hubungi saya di facebook/email.



3. Olahraga /Aktif Bergerak

Salah satu kegiatan yang harus dilakukan saat diet adalah olahraga. Lakukan olahraga secara rutin untuk membakar lemak dalam tubuh sehingga dapat menurunkan berat badan. Olahraga yang efektif untuk menurunkan berat badan yaitu jogging, jalan santai, senam aerobik, atau olahraga lainnya. Jika kamu tidak memiliki banyak waktu maka sempatkanlah untuk berjalan kaki menaiki tangga seperti saat di kantor, jangan menggunakan lift karena dengan menaiki tangga dapat membakar lemak yang dalam tubuh dengan cepat.



4. Konsumsi Kacang Pistachio

Mungkin belum semua orang sering mendengar kacang pistachio. Kacang jenis ini biasanya tumbuh di daerah kering seperti Turkmenistan, Azerbajian Barat dan Iran. Kacang Pistachio relatif lebih mahal dari jenis kacang-kacangan yang lain. Kandung protein dalam kacang pistachio adalah sumber protein terbaik yang sangat rendah kalori. Jadi, jika kamu memiliki uang lebih tidak ada salahnya mencoba makanan ini sebagai salah satu cara diet alami.



5. Mengonsumsi Makanan Yang Mampu Membakar Lemak Dalam Tubuh

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang efektif untuk membakar lemak dalam tubuh secara cepat dan inilah cara diet alami tanpa olahraga:



Buah berry: Ada beberapa jenis buah berry yang efektif untuk menurunkan berat badan yaitu bluberry, raspberry, dan strawberry. Semua jenis buah berry ini rendah kalori dan mengandung flavonoid sehingga cocok dikonsumsi untuk program diet. Selain itu buah ini juga mengandung antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas.

Telur: Telur merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan protein dan rendah kalori sehingga banyak praktisi kesehatan yang menganjurkan untuk mengkonsumsi telur saat diet.

Yogurt: Yogurt meryupakan salah satu makanan sehat yang kaya akan vitamin dan rendah lemak. Jika mengkonsumsi yogurt secara rutin setiap hari dapat menurunkan kadar lemak dalam perut sebanyak 81%.

Teh hijau: Minuman yang banyak dikonsumsi oleh mayoritas orang adalah teh, namun jenis teh yang efektif untuk menurunkan berat badan yaitu teh hijau atau biasa disebut dengan teh olong. Teh hijau mampu meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh sehingga pembakaran lemak dalam tubuh lebih cepat. Jadi jika kamu ingin menurunkan berat badan secara cepat maka konsumsi teh hijau secara teratur setiap hari untuk mendapatkan hasil lebih maksimal.



6. Mengonsumsi Makanan Kaya Serat

Salah satu cara diet alami dalam 1 minggu adalah dengan mengonsumsi makanan kaya serta. Makanan ini mampu menurunkan berat badan secara cepat dan sehat. Makanan kaya serat dapat diperoleh dari buah dan sayuran, diantaranya adalah kentang, brokoli, bayam, sayuran hijau lainnya, jambu biji, pir, dan pisang.



7. Mengganti Karbohidrat Biasa Dengan Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat merupakan sumber energi dan gula bagi tubuh sehingga tubuh membutuhkan asupan karbohidrat yang cukup. Biasanya karbohidrat didapat dari nasi, mie, dan lainnya. Ternyata makanan itu sulit untuk diserap oleh tubuh sehingga menumpuk menjadi lemak. Oleh karena itu gantilah karbohidrat biasa dengan karbohidrat kompleks seperti gandum, beras merah, kacang-kacangan, sereal, dan lainnya karena lebih mudah diserap oleh tubuh menjadi energi yang dibutuhkan oleh tubuh.



8. Pilih Makanan Yang Diolah Dengan Cara Tertentu

Akan lebih baik kamu mengonsumsi makanan yang diolah dengan cara dikukus atau direbus daripada makanan yang digoreng. Makanan yang dikukus atau direbus mempunyai kandungan nutrisi yang lebih banyak dibandingkan makanan yang digoreng dalam minyak panas. Apalagi makanan yang digoreng biasanya mengandung lemak jenuh dan kalori tinggi.



9. Mengurangi Konsumsi Makanan Kemasan

Makanan siap saja, makanan kemasan, dan makanan yang digoreng memiliki kandungan kalori dan lemak yang tinggi, belum lagi bahan pengawet serta garam. Jadi sebaiknya dikurangi ataupun dihindari saat kamu sedang berupaya melakukan diet sehat dan alami.



10. Mengatur Isi Makanan Di atas Piringmu

Yang harus kamu lakukan adalah mengatur ulang makanan di atas piringmu. Intinya adalah memenuhi sepertiga piring kamu dengan makanan rendah lemak seperti ikan, daging unggas, atau daging tanpa lemak. Selain itu, perbanyak buah dan sayuran serta kacang-kacangan. Pilih juga sumber karbohidrat yang lebih sehat seperti kentang dan beras merah. Kalau suka buah, pilih yang tidak terlalu manis seperti alpokat, tomat, dan apel.



11. Memperhatikan Pola Makan Malam

Untuk menurunkan berat badan tidak perlu untuk meninggalkan makan malam tetapi kamu perlu memperhatikan pola makan malam. Pada malam hari tubuh tidak banyak melakukan aktivitas sehingga hanya membutuhkan asupan energi dan gula dalam jumlah yang kecil. Jadi atur pola makan malam kamu dengan memperbanyak mengkonsumsi sayur dan buah, selain itu juga hindari mengonsumsi makanan yang mengandung banyak minyak seperti gorengan jika tidak ingin perut menjadi besar (buncit).



Yuk, Coba Menu Diet Sehat 2.000 Kalori Ini!

Untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan, mengonsumsi makanan berdasarkan kebutuhan kalori amatlah penting. Yang penting jangan sampai kalori yang dikonsumsi melebihi dari yang tubuhmu perlukan sehingga malah menumpuk dan menjadi lemak.

Kebutuhan 2.000 kalori sudah cukup bagimu setiap harinya, selain dengan menerapkan ke-6 langkah di atas, dukunglah cara diet kamu dengan menu diet yang sehat dan alami di bawah ini:

• Sarapan



Sereal ditaburi kismis dengan susu bebas lemak sebagai pelengkap.

Setelah itu jangan lupa makan satu buah pisang kecil ditambah selembar roti terbuat dari biji-bijian utuh yang diolesi margarin atau selai jelly.



Alternatif:

Oatmeal yang ditaburi kismis dan dimasak dengan margarine.

Jus jeruk atau susu bebas lemak kira-kira 250 ml untuk jus jeruk atau 120 ml untuk susunya.

• Makan siang

Roti sandwich yang terbuat dari biji-bijian utuh diisi saus mustard, ayam, tumis jamur, dan selada.

Sebagai tambahan, kamu juga bisa menyantap 200 gr kentang rebus.

• Makan malam

Satu mangkuk nasi merah dengan capcay tahu dan sayuran serta paprika.

Secangkir 250 ml teh lemon

Bagaimana dengan camilannya? Kamu yang belum bisa menahan diri kalau tidak ngemil bisa coba mengonsumsi 245 gr yoghurt rendah lemak dengan potongan buah.

Nah, biasanya kalau tidak mengonsumsi makanan lezat favorit yang tinggi lemak serta kalori terkadang bisa membuat orang yang sedang diet menjadi stress. Untuk itu, kamu boleh saja mengonsumsi makanan berlemak atau berkalori tinggi sewaktu-waktu, misal hanya pada hari minggu saja. Tapi hari berikutnya, kamu harus kembali lagi mengonsumsi makanan rendah lemak karena berguna untuk menghindari penumpukan kalori yang bisa menjadi lemak.



5 Macam Jenis Diet, Pilih Cara Diet Sehat Alamimu!

Mungkin kamu sedang mencari macam-macam cara diet sehat alami yang banyak beredar di internet. Memang ada banyak cara, tapi harus hati-hati juga dengan efek sampingnya dan apakah diet itu cocok dengan tubuhmu. Berikut ini beberapa contoh diet terkenal yang mungkin kamu mau coba:

1. Diet Paleo

Sudah pernah dengar tentang diet ini? Inti dari diet sehat ini adalah kamu hanya boleh mengonsumsi makanan-makanan alami layaknya manusia gua di jaman prasejarah. Makanan yang dimaksud seperti:

    Sayuran

    Ikan

    Daging tanpa lemak

    Kacang-kacangan

    Minyak nabati

    Biji-bijian

Dan untuk makanan yang harus dihindari seperti gula, ubi, garam, biji sereal, produk susu, kentang, serta makanan/minuman olahan. Efek samping? Bisa cepat bosan karena makanan terasa hambar, dapat kurang tercukupi asupan kalsium serta karbohidrat, dan tentunya mahal karena harus beli makanan organik.



2. Diet 5:2

Diet ini hanya memperbolehkan kita makan selama 5 hari saja dalam seminggu, sedangkan 2 hari selanjutnya wajib puasa! Menurut beberapa penelitian, diet ini katanya bisa mengurangi resiko penyakit mematikan seperti diabetes tipe 2, dapat meningkatkan usia hidupmu, melindungi otak dari penyakit Alzheimer dan demensia, menurunkan resiko kanker payudara dan yang berhubungan dengan obesitas, dan meningkatkan fungsi kognitif. Efek sampingnya saat puasa bisa mudah pusing, dehidrasi, bau mulut, mengantuk, susah konsentrasi, mudah marah, dan susah tidur.



3. Diet Atkins

Dengan cara diet ini kamu sama sekali tidak boleh mengonsumsi karbohidrat dan lebih banyak makan makanan yang mengandung lemak serta protein. Intinya saat kamu merasa lapar karena tidak mengonsumsi karbohidrat, tubuh akan membakar lemak untuk membuat energi. Efek sampingnya sama dengan diet 5:2 seperti mudah pusing, mulut kering, mudah kecapaian, mual, insomnia, kurang serat, dan bahkan bisa beresiko terhadap kesehatan jantung.



4. Diet Dukan

Diet ini lebih menekankan untuk kita mengonsumsi makanan rendah lemak, rendah karbohidrat, serta tinggi protein. Diet ini sengaja dirancang agar kamu tidak mudah merasa lapar. Kamu bisa memilih sekitar 100 makanan (28 dari sumber nabati dan 72 dari sumber hewani) yang berbeda dan boleh mengonsumsinya sesuka-suka kamu ASALKAN tetap mengambil dari 100 makanan yang diperbolehkan tersebut. Efek sampingnya, berat badan bisa saja turun disebabkan oleh hilangnya massa otot dan cairan di dalam tubuh. Selain itu, kamu bisa mengalami bau mulut, sembelit, kurang gizi, mulut kering, mudah lelah, sampai kerusakan hati maupun ginjal.



5. Diet Mayo

Diet ini diterbitkan oleh Mayo Clinic yang sudah teruji dengan pengalaman klinis serta penelitian. Bebereapa sumber menyebutkan diet ini bisa mengurangi resiko beberapa penyakit seperti jantung, diabetes, insomnia, dan tekanan darah tinggi. Dalam diet Mayo kamu perlu mengubah kebiasaan tidak sehat dan diganti dengan yang lebih sehat.

Ada piramida makanan di dalam diet Mayo ini dengan sayur dan buah sebagai jumlah yang paling banyak harus dikonsumsi. Lalu asupan susu, karbohidrat, serta daging juga ada di dalam piramida makanan diet Mayo dengan makanan manis yang perlu dibatasi tiap harinya. Selain itu, diet ini juga menganjurkan untuk kamu melakukan aktivitas fisik/olah raga. Intinya diet ini cocok untuk kamu yang ingin mengubah kebiasaan konsumsi makanan tak sehat dengan memperbaiki kebiasaan makan.

Nah itu dia beberapa hal tentang cara diet sehat dan alami beserta dengan tips-tips cerdasnya yang dapat dilakukan oleh semua orang tanpa ada efek samping bahkan dapat menyehatkan tubuh. Usahakan melakukan diet dengan cara sehat.

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu